Muda Senang, Tua Tenang

Berdasarkan data wikipintar.com, jumlah penduduk Indonesia saat ini adalah 266 juta jiwa. Tapi dari data tersebut, kira – kira berapa banyak yang bisa menikmati hari tua dengan bersenang senang tanpa dibebani banyak tagihan ?

Apalagi di zaman millennial ini, semua hal menjadi lebih mudah untuk didapatkan. Dari mulai membeli makanan, minuman, kebutuhan rumah tangga, baju, tiket transportasi, booking hotel bahkan layanan berbagai jasa pun hanya melalui genggaman tangan bisa dengan mudah kita dapatkan. Tapi dengan berbagai kemudahan yang ditawarkan, apakah kesenangan di masa tua juga bisa dengan mudah dipersiapkan? Atau justu malah semakin sulit dicapai? Mengingat segala kemudahan tersebut pasti membuat kita menjadi lebih komsumtif dan dana untuk persiapan hari tua jadi dialihkan.

Nah kita yang menjalani kehidupan di zaman millennial ini harus punya keteguhan hati yang kuat dalam membuat strategi gaya hidup, terutama untuk mengatur pengeluaran. Penting sekali mengatur berapa persen dari pendapatan kita untuk porsi kebutuhan pokok, hiburan, persiapan dana darurat, dan yang tidak kalah penting adalah investasi untuk masa tua nanti. Jelas sekali kita pasti tidak mau kan selama hidup kita habiskan untuk bekerja. Saat usia sudah tidak produktif lagi, sumber pendapatan kita sudah tidak ada lagi, tapi kita tetap harus makan kan? Yang artinya saat tua nanti, walaupun penghasilan sudah tidak ada, pengeluaran pasti tetap ada. Maka dari itu, penting sekali kita menyiapkan investasi untuk masa tua nanti.

Investasi itu seperti menanam pohon mangga, menanam sekarang untuk kita nikmati nanti. Tapi satu hal yang harus diingat, semakin awal kita menanam, maka akan semakin cepat kita bisa menikmati buah mangga tersebut. Apalagi kalau biji dari buah mangga yang dihasilkan kita tanam lagi, maka kedepannya kita akan semakin punya banyak pohon mangga. Jadi semakin muda kita mulai berinvestasi, maka semakin banyak hasil investasi yang akan kita dapat jika dibandingkan dengan kita memulai investasi 5 tahun yang akan datang.

Mulanya memang terasa berat untuk memulai investasi, tapi tidak akan terbiasa jika tidak dimulai. Jadi yang perlu dilakukan sekarang adalah belajar konsisten untuk menyisihkan sebanyak 10% – 20% setiap bulannya dari penghasilan kita.

Setelah memahami konsep pentingnya investasi sesegera mungkin dan konsisten menyisihkan sebagian penghasilan kita untuk investasi, hal lain yang tidak kalah penting adalah mengenal jenis – jenis asset atau produk investasi. Berikut beberapa instrument asset paper yang bisa kamu pilih untuk sarana investasi kamu:

  1. Reksa Dana

Instrumen ini cocok sekali untuk pemula yang mau mulai investasi di pasar modal. Karena reksa dana ini dikelola oleh manager investasi, sehingga kamu tidak perlu repot – repot update berita mengenai ekonomi setiap harinya. Karena sudah ada manager investasi yang melakukan itu dan meraciknya dalam sebuah reksa dana. Jadi kita tinggal pilih mau reksa dana yang mana, ada reksa dana pasar uang yang berisi deposito dan obligasi dengan jatuh tempo di bawah satu tahun, ada reksa dana obligasi yang berisikan surat utang, reksa dana saham berisikan saham – saham yang terdaftar di bursa efek, dan ada reksa dana campuran yang berisikan campuran dari instrument – instrument tersebut.

 

  1. Surat Utang

Ketika suatu perusahaan membutuhkan modal untuk operasional atau ekspansi perusahaan biasanya perusahaan tersebut akan meminjam uang ke bank. Tidak hanya opsi meminjam kepada bank, perusahaan juga memiliki opsi untuk menerbitkan surat hutang, Jadi perusahaan yang memerlukan dana, mengeluarkan surat hutang untuk dibeli oleh publik, secara dasar perusahaan tersebut meminjam ke banyak pihak. Kita sebagai perorangan bisa membeli surat utang tersebut untuk dijadikan instrument investasi, karena kita akan mendapatkan coupon (return) dari meminjamkan dana tersebut.

 

  1. Saham

Saham merupakan surat tanda kepemilikan seseorang atas modal yang diberikannya untuk suatu perusahaan. Dengan kata lain saham ini bisa disebut juga tanda kepemilikan dari suatu perusahaan. Investasi dalam suatu bisnis atau perusahaan merupakan salah satu investasi yang menarik. Karena harga suatu saham berbanding lurus dengan laju pertumbuhan perusahaan tersebut.

Gimana kamu udah siap untuk menyiapkan masa tua kamu nanti? Biar yang senang tidak hanya saat muda saja, tapi saat tua nanti juga. Kalau kamu mau mempelajari lebih banyak tentang investasi, keuangan, dan reksa dana, kamu bisa sering – sering mampir ke website nya Victoria Manajemen Investasi. Karena di sana banyak sekali materi menarik mengenai investasi yang bisa menambah wawasan kamu. Yuk siapkan dana pensiun kamu sekarang, biar muda senang, tua tenang.

Ditulis oleh : Lisda Chandra