Katanya Generasi Millenial Gak Mampu Beli Rumah, Kamu Gimana ?

Saat ini rumah sudah menjadi kebutuhan primer yang semakin lama sulit untuk dimiliki. Karena semakin lama harganya semakin tinggi. Semakin tingginya harga rumah berbanding terbalik dengan daya beli masyarakat untuk mendapatkan rumah.

Berdasarkan house price to annual income ratio atau rasio harga rumah berbanding pendapatan pertahun, harga rumah yang sebaiknya dibeli maksimal 3 kali dari penghasilan tahunan (12 kali gaji, bonus dan THR). Jika diambil contoh rumah seharga Rp 600 juta, maka generasi millennials harus memiliki penghasilan per tahun Rp 200 juta atau perbulannya Rp 16 jutaan. Angka yang lumayan tinggi jika dibandingkan dengan standar gaji generasi millennials saat ini yang jauh di bawah itu. Hal tersebut dibuktikan oleh  survei dari Rumah123 yang menyatakan hanya 4% lebih generasi millennials yang memiliki gaji perbulan sebesar itu. Jadi sebenarnya pemasukan generasi millennials saat ini terbilang biasa-biasa saja, hanya gaya hidupnya yang luar biasa.

Selain karena faktor penghasilan yang menjadi masalah bagi generasi millennials, ada anggapan bahwa generasi millennials adalah generasi yang lebih mementingkan gaya hidup. Hidup boros sudah menjadi cap tersendiri bagi generasi yang satu ini, seperti ingin selalu meng-upgrade smartphone-nya, sering menghabiskan uang untuk berkumpul dengan teman, lebih memilih travelling dibandingkan memikirkan soal rumah yang sebenarnya jauh lebih penting.

Hal – hal inilah yang menjadikan adanya anggapan bahwa generasi millennials tidak mampu untuk membeli rumah. Tapi kamu tidak perlu putus asa dengan anggapan tersebut, karena banyak juga generasi millennials sekarang yang sudah mampu membeli rumah di usia mereka yang tergolong masih sangat muda.

Keberhasilan generasi millennials  membeli rumah bukan karena penghasilan yang besar, melainkan mereka adalah generasi millennials yang mampu menyeimbangkan gaya hidup nya dalam mengatur semua pengeluraran mereka dengan cepat dan pastinya tepat. Salah satu solusi terbaik dalam mengatur pengeluaran dan menyisihkan dana untuk membeli rumah yaitu dengan berinvestasi.

Mengutip dari Glints, syarat paling penting bagi generasi millenials yang mau membeli rumah dengan budget pas-pasan adalah menabung serta bernvestasi. Sebetulnya, tips ini juga berlaku buat siapapun yang ingin kaya raya.

Pasalnya, sebesar apapun pendapatan kamu bila tidak ada dana yang dialokasikan untuk kedua hal ini akan terbuang secara sia-sia. Entah itu untuk belanja, hiburan ataupun menjalankan hobi.

Setidaknya 10% dari penghasilan total , kamu harus alokasikan untuk investasi. Banyak investasi yang bisa mulai kamu pilih loh, bisa investasi emas, saham dan reksa dana.

Kalau dipikir-pikir, investasi reksa dana merupakan investasi yang paling pas buat generasi millennials. Karena kamu bisa menentukan profil resiko yang sesuai dengan profil keuangan yang kamu punya. Selain itu, kamu gak perlu khawatir gimana cara mengelolanya kalau kamu belum paham, karena ada Manajer Investasi yang akan kelola reksa dana kamu dengan baik dan pastinya udah sesuai dengan Peraturan Otoritas Jasa Keuangan, jadi kamu gak perlu khawatir soal keamanan investasi kamu di reksa dana. Dan pastinya reksa dana juga merupakan investasi yang mudah, jadi sangat cocok dengan profil generasi millennials yang suka dengan hal instan dan kemudahan.

Untuk beli reksa dana generasi millennials sekarang gampang banget, hanya melalui smartphone kamu bisa langsung investasi. Sudah banyak Agen Perjual Efek Reksa Dana juga yang memberikan fitur beli reksa dana via online melalui smartphone. Kamu juga bisa milih mau investasi reksa dana jenis apa, ada reksa dana saham,reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran, dan bahkan yang Syariah pun ada loh. Kamu tinggal pilih mana yang cocok dengan profil kamu.

Jadi sekarang gak perlu lagi repot-repot datang ke Manajer Investasi untuk beli reksa dana, karena dari genggaman smartphone kamu aja udah bisa langsung beli. Gampang banget dan pastinya sesuai sama generasi millennials yang menginginkan semua hal serba mudah dan praktis. Yuk manfaatkan apa yang sudah ada untuk bisa kita jadikan bekal dimasa depan. Membeli rumah bukan lagi hal sulit buat generasi millennials kalau kita sudah merencanakannya dengan baik dan matang.