Cara Cerdas Menyiapkan Dana Pernikahan

Sebuah pernikahan memang moment yang berharga bagi setiap individu, karena menyatukan janji untuk sehidup semati adalah moment yang pastinya tidak akan terlupakan. Banyak pasangan rela menghabiskan dana sangat besar demi sebuah konsep pernikahan yang diinginkan, tapi banyak pula pasangan yang lebih memilih pernikahan sederhana.
Sayangnya tidak semua pasangan mampu merealisasikan pernikahan impiannya. Entah karena tuntutan dari keluarga atau karena permasalahan yang paling umum, yaitu ketersediaan dana yang kurang. Menyiapkan dana untuk menikah memang tidak mudah, mengingat mahal nya biaya Gedung, catering, dan jasa vendor dekorasi pernikahan. Maka dari itu, menyiapkan dana pernikahan dari jauh – jauh hari itu penting banget. Yuk simak kiat cerdas nya!

Pertama, Menentukan Konsep Pernikahan Beserta Anggarannya
Menentukan konsep pernikahan itu sangat penting. Selain karena sesuai referensi yang kita inginkan, menentukan konsep diawal akan mempermudah kita menentukan anggaran biaya pernikahan. Seperti misalnya menentukan gaya dekorasi seperti apa, jumlah tamu yang akan diundang berapa banyak, sususan acara nya seperti apa, dan hiburan di acara pernikan nya bagaimana. Karena hal – hal tersebut sangat menentukan besar kecilnya dari biaya yang harus dianggarkan. Dan di tahap ini juga kamu bisa mengatur gaya pernihakan seperti apa yang sekiranya budget pernikahannya sesuai dengan kantong kamu dan pasangan.

Kedua, Membuat Tabungan Pernikahan Bersama Pasangan
Jika telah memutuskan konsep pernikahan yang akan dilangsungkan seperti apa, kamu dan pasangan juga sudah yakin untuk membiayai pernikahan sendiri maka tidak ada salahnya untuk membuka rekening tabungan bersama. Tabungan bersama ini bisa khusus digunakan untuk menampung dana pernikahan dan dapat menjadi bentuk tanggung jawab bersama dalam masalah financial pernikahan. Hitunglah masing – masing penghasilan tiap pasangan dan tentukan besaran tabungan per bulan yang akan disetor setiap bulannya. Dalam hal ini komitmen untuk menabung secara rutin sangat penting agar dana dapat terkumpul.

Ketiga, Pilih Sarana Menabung yang Tepat. Lebih Tepatnya, Investasikan!
Dana pernikahan yang kamu dan pasangan kumpulkan, sebaiknya di simpan di produk menabung yang dapat memberikan pengembalian juga. Biar uangnya tidak hanya sekedar disimpan, tetapi bisa menghasilkan dan memberi tambahan untuk dana pernikahan kamu dan pasangan. Jadi menginvestasikan dana pernikahan merupakan pilihan yang cukup bijak untuk dilakukan.

Karena menyiapkan dana pernikahan termasuk ke dalam investasi dengan jangka waktu pendek, maka kamu dan pasangan tidak memiliki waktu untuk recovery dana tersebut jika terjadi hal yang diinginkan. Jadi pilihan terbaik, kamu dan pasangan memilih produk investasi dengan tingkat risiko yang sangat rendah. Reksa Dana Pasar Uang bisa menjadi pilihan yang tepat karena memiliki risiko sangat rendah. Tapi kamu bisa mendapatkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi dari pada tabungan dan deposito di bank. Kan lumayan dana pernikahan nya jadi ada tambahan.
Jadi gimana, udah siap ngajak si dia ke pelaminan? Jangan lupa siapkan yang matang ya, jangan sampai selsai pesta masih dibuat pusing sama cicilan pernikahan.

Ditulis oleh : Widya Pramudita